Monday, June 4, 2012

Pengertian dan Cara Pencucian Uang

Sistem Pencucian Uang - Seseorang yang melakukan tindakan kejahatan keuangan dapat melakukan penyelamatan keuangannya dengan Sistem money laundry atau Pencucian Uang karena itu kita harus mewaspadai tindakan mereka dengan lebih waspada dan selalu berprincipe anti Money Laundry. Berikut ini saya akan berbagi pendapat tentang aksi pencucian uang yang banyak dilakukan oleh petinggi kita karena uang tersebut hasil tindakan kejahatan.

Money Laundry bukan uangnya di cuci di mesin cuci? Namun? Money Laundry atau Pencucian uang memiliki pengertian : Adalah setiap tindakan menempatkan, mentransfer, membayar, membelanjakan, menyumbangkan, mendepositokan, membawa ke luar negeri, menukarkan aset atau tindakan lain yang di ketahui atau dicurigai sebagai hasil dari tindakan kejahatan supaya mengubah, menggelapkan atau menyamarkan sumber asset sehingga tampaknya berasal dari sumber yang sah atau legal.

Singkat kata, Pencucian uang adalah Proses mengubah Uang Kotor yang diperoleh dari hasil tindak kejahata menjadi Uang Bersih.

Tindak Pidana yang dimaksuda dalam UU Anti Pencucian uang adalah :
Korupsi, Penyuapan, Penyelundupan Barang, Penyelundupan tenaga kerja, Penyelundupan Imigran, pelanggaran/kejahatan perbankan, Pelanggaran/kejahatan pasar modal, Pelanggaran asuransi, Narkotika, Psikotropika, Perdagangan manusia, Perdagangan senjata gelap, penculikan, Terorisme, Pencurian, Penggelapan, penipuan, pemalsuan uang, perjudian, Prostitusi, Pelanggaran perpajakan, Kehutanan, Lingkungan hidup, dan tidak pidana lain yang diancam dengan pidana penjara 4 tahun atau lebih.

Proses Pencucian Uang?
Umumnya ada tiga tahap dalam proses pencucian uang, yaitu :
  1. Penempatan hasil kejahatan dalam sistem keuangan
  2. Penumpukan yaitu proses mengubah hasil kejahatan kedalam bentuk lain dan membuat penumpukan transaksi keuangan yang kompleks untuk menyamarkan sumber dana [misalnya : membeli dan menjual saham, komoditi, properti]
  3. Integrasi adalah menempatkan kembali dana/hasil yang telah di cuci dalam sistem perekonomian dalam kegiatan usaha yang normal.

itulah pengertian-penjelasan tentang Pencucian uang dan proses pencucian uang yang harus kita waspadai. semoga penjelasan ini bisa menjadikan kita memahami dan lebih mawas diri terhadap orang orang pintar nan licik.
Artikel ini disampaikan oleh dan untuk Chens Blog

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...