Wednesday, June 20, 2012

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Sehat - Bakso merupakan makan favorite orang indonesia sebagai menu lain selain nasi. bisa menjadi alternatif untuk mengganjal perut disaat lapar dan juga bisa menjadi mata pencaharian yang menjanjikan bagi si pedagang. Meski di tempat lain sudah banyak yang berbagi cara membuat bakso yang praktis dan nikmat namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagai cara membuat bakso daging sapi atau ayam yang kenyal dan sehat untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual.

Bagi anda yang masih bingung untuk membuka usaha, Cara membuat Bakso ini sepertinya bisa menjadi bahan acuan atau petunjuk untuk usaha anda jika memang anda memiliki niat untuk berdagang. Karena meski diluaran sana sudah banyak bakso yang dijual dan banyak saingannya namun jika anda bisa membuat bakso yang lezat dan nikmat tentu saja itu akan menjadi prestasi tersendiri bagi anda.

Sebelum membuat Pentol bakso maka yang harus dipersiapkan adalah bahan bahan dan alat. sudahkan anda mempersiapkannya? inilah beberapa bahan yang dibutuhkan dalam membuat bakso.

BAHAN:
300 Gram daging sapi cincang
3 SDM Tepung kanji (Tepung tapioka)
3 Bh Bawang Putih, Dihaluskan / 2 SDT Garlic Powder
1 Butir telor putihnya saja
1 SDT Baking powder - untuk mengembangkan pentol bakso
1 SDT Garan Halus
1 BUAH Maggi blok agar lezat
Merica bubuk secukupnya
Pala secukupnya
Air secukupnya

Adapun proses pembuatannya sebagai berikut :
Aduk semua bahan diatas dengan Blender atau digiling sampai halus dan rata, ulangi beberapa kali agar benar benar rata. Jika sulit di Blender anda bisa menambahkan ES Batu. Jika dengan blender masih merasa kurang puas ratanya anda bisa mencoba untuk mengaduk adonan dengan dimasukkan ke dalam baskom dan mengaduknya dengan tangan.

Setelah anda merasa bahwa adonan benar benar telah sempurna rata dan rasanya maka anda bisa memulai untuk mencetaknya, namun bila dirasa masih kurang nikmat bisa menambahkan pelezat makanan. Setelah itu di aduk kembali hingga rata.

Cara membuat pentol yaitu dengan menggunakan Sendok dibentuk sedemikian rupa - dibulatkan satu persatu  kemudian dimasukkan ke dalam air rebusan yang sudah mendidih dan biarkan sampai mengapung, setelah mengapung itu tandanya bakso pentol telah matang.

Ada cara lain membuat pentol bakso ini yaitu dengan memasukkan adonan ke dalam plastik kemudian ujung plastik di lubangi untuk mengeluarkan adonan sedikit demi sedikit kemudian di potong dengan sendok dan masukkan ke dalam air rebusan.Atau anda bisa menggunakan kepalan tangan kemudian keluarkan lewat sela sela jari telunjuk dngan ibu jari dan potong dengan sendok masukkan di air rebusan.

nah, untuk membuat bakso kotak lebih gampang lagi, masukkan adonan ke dalam cetakan berbentuk kotak segi empat atau persegi panjang kemudian di kukus. Setelah matang di angkat dan siap untuk  di iris iris sesuai dengan ukuran dan selera anda.Ternyata bakso kotak penggemarnya juga tidak kalah seru dengan bakso pentol yang penting adalah kita harus menjaga kebersihan, kesehatan dan kualitas yang tak tertandingi.


Setelah proses pembuatan pentol selesai, selanjutnya adalah membuat kuah Bakso yang lezat dan nikmat berikut ini adalah bahan dan cara membuat kuah bakso yang lezat dan nikmat.


Bahan-bahan untuk kuah bakso:
air secukupnya (air kaldu dari rebusan tulang sapi)
1 sdm ebi (udang kering)
1 sdt lada
2 siung bawang putih
bumbu penyedap secukupnya
garam secukupnya.

Cara membuat kuah bakso :
semua bahan dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga harum lalu masukkan kedalam air atau kaldu sapi yang sudah mendidih tadi dan masukkan pentol bakso.

Bakso yang lezat nikmat dan sehat siap untuk dihidangkan? Bakso kenyal tanpa boraks... sehat bukan?
Selamat mencoba...

Itulah Tips ringan pagi ini untuk anda yang sedang berfikir untuk wira usaha. Bakso merupakan menu favorite di Negeri ini setelah menu utama yaitu Nasi.

Reaksi:

2 comments:

  1. Salah satu bahan ada yg sy tidak tahu, yaitu 1 BUAH Maggi blok. Buah apa itu, bro?

    ReplyDelete
  2. Yang dimaksud garlic powder, dan bisa dibeli dimana?

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...