Sunday, April 29, 2012

Keistimewaan dan Keutamaan Hari Jumat

Keistimewaan dan Keutamaan Hari Jumat - Dalam seminggu ada satu hari yang istimewa yaitu hari jum'at dimana pada hari itu berbagai keistimewaan dalam sejarah islam telah dijelaskan dalam Alquran. sehingga hari jumat akan selalu di istimewakan karena memiliki keutamaan diantara keistimewaan itu akan kami coba jelaskan dalam tulisan kali ini. Sebelumnya mari kita review beberapa landasan Hari Jum'at dianggap Istimewa :

Baca juga artikel kami sebelumnya : Amalan Sunah yang disukai Rasul,   Kisah 4 Isteri Muslim, Tujuan Berpuasa

“Sebaik-baik hari adalah hari Jum’at, karena pada hari itulah Adam diciptakan, pada hari itu pula dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya.” (HR. Muslim no. 854)

“Barangsiapa yang berwudhu lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian dia mendatangi shalat jumat, lalu dia mendengarkan (khutbah) dan tidak berbicara, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu sampai hari jumat depannya, ditambah tiga hari. Dan barangsiapa yang memegang-megang batu kerikil, maka dia telah berbuat kesia-siaan.” (HR. Muslim no. 857)


“Antara shalat lima waktu, antara shalat jumat satu ke shalat jumat berikutnya, dan antara puasa ramadhan ke puasa ramadhan berikutnya adalah penghapus untuk dosa di antara keduanya, apabila dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 857)

“Di dalamnya ada satu waktu dimana tidaklah seorang hamba muslim mengerjakan shalat lalu dia berdoa tepat pada saat tersebut, melainkan Allah akan mengabulkan doanya tersebut.” Kemudian beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya saat tersebut.” (HR. Al-Bukhari no. 1415 dan Muslim no. 852)

Berikut ini beberapa keistimewaan Hari Jum'at dalam pandangan kami berdasarkan landasan diatas :

- Hari jum'at disunahkan memotong rambut dan kuku
- Malam jum'at ada sunah rasul untuk berhubungan bagi suami isteri.
- Hari Jum'at ada Shalat Jum'at juga khutbah jum'at untuk menguatkan kembali iman umat muslim dan merupakan sarana mengingatkan kita agar lebih bertakwa.

Sekiranya itulah beberapa keistimewaan sederhana yang dapat kami pahami.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...