Thursday, February 24, 2011

Penangkaran kenari / Breeding canary

Penangkaran kenari / Breeding canary - Untuk anda penghobi burung berkicau, dalam hal ini lebih spesifik burung kenari. memelihara kenari tidaklah sulit karena makanannya cukup sederhana, karena makanan utamanya berupa kenari seed dan campurannya dapat dibeli dengan harga murah ditoko penjual pakan burung. 
bila anda menginginkan kenari anda lebih nggacor maka anda dapat menambahkan extra food untuk kenari yaitu berupa telor, sayur mayur segar, buah segar, dan ada juga yang instan berupa cd kenari super.

membedakan kenari jantan dan betina cukuplah mudah.
- kenari jantan usia 1-3 bulan setiap pagi dipanaskan sampai jam 10 akan sering ngeriwik, sedangkan betina tidak.
- kenari jantan akan terlihat pen (penisnya) lebih panjang dengan perut cekung, sedangkan betina perutnya lebih kembung dan pen nya pendek atau datar.

perawatan kenari juga cukup mudah :
- setiap pagi dipanaskan sampai jam 10
- selalu kontrol makanan dan minumnya
- ganti atau tambahkan pakan dan minumnya bila hampir habis
- berikan extra food berupa sayur mayur, buah segar dan telur puyuh 2hr sekali.
- penjemuran sangat diperlukan untuk mendapatkan vitamin D dan kesegaran bulu-bulu burung.
- kenari biasanya akan mandi sendiri, jadi tidak perlu disemprot.

jika anda memiliki pejantan yang tangguh, nggacor, volume tebal akan sangat sayang bila tidak diambil keturunannya, sehingga mengawinkan kenari untuk mendapatkan keturunan yang baik menurut saya tidaklah rugi. disamping kita bisa menjual anakan, kita juga tidak kehilangan keturunan kenari unggulan.

biasanya kenari jantan siap dikawinkan usia diatas 1 tahun, sedangkan kenari betina biasanya setelah usia diatas 6 bulan.

carilah betina yang polos dan jantan yang polos juga untuk mendapatkan keturunan yang polos pula, meski ini tidak mutlak.

kenari betina bila telah siap kawin biasanya akan turun dan mengepak-ngepakkan sayapnya, bila melihat pejantan kenari betina akan mengangkat ekornya sebagai tanda siap kawin.

bila sudah demikian, masukkan jadi satu kandang kenari jantan dan betina, dari perkawinan pertama setelah 5 hari betina akan bertelor maka pada hari ketiga perkawinan persiapkan sangkar dari rotan yang ada dijual di pasaran pakan burung beserta serat2 sangkar atau tambahkan kapas, biarkan burung membentuk sendiri sangkarnya.

setelah mulai bertelor, stiap hari betina akan bertelor sampai 3 atau 4 butir bahkan ada yang 5 butir. kemudian akan dieram selama 2 minggu. setelah 2 minggu maka telor akan mulai menetas.

ada tips dari teman-tema penangkar :
- saat perkawinan selalu beri telor puyuh atau cd kenari super supaya telor sehat dan banyak.
- setelah betina bertelor 1, ambil telor tersebut, kemudian besok bertelor lagi diambil lagi, kumpulkan sampai dia tidak bertelor. kemudian kembalikan seluruh telor supaya dierami induknya, hal ini bertujuan agar anakannya akan menetas bersamaan dihari yang sama.

perawatan anakan :
- setelah 2 minggu dieram telor akan menetas, maka setelah menetas 3 hari anakan burung akan membutuhkan makanan, dan makanan yang cocok untuk anakan kenari adalah telor puyuh. maka selalu kontrol pemberian telor puyuh jangan sampai telat supaya tidak mati dan cepat besar.

setelah 3 minggu biasanya anakan akan keluar dari sangkarnya dan mulai belajar memakan kenari seed.

setelah 40hari kenari muda siap dijual atau dipisahkan untuk dipelihara.

selamat mencoba

Reaksi:

1 comment:

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...