Saturday, April 17, 2010

Manfaat ASI bagi anak


Manfaat ASI bagi anak - Sungguh mulya seorang ibu yang bisa, sudi, rela dengan ikhlas dan sabar menyusui anak-anaknya, karena dari ASI (Air Susu Ibu) sehingga anak-anaknya akan tumbuh sehat dan cerdas. Demikianlah ALLAH SWT telah menyempurnakan seorang wanita yang telah mengandung, melahirkan dan menyusui untuk lebih dimulyakan dan dihormati dari pada seorang pria. Disamping kemulyaan dan kesempurnaan ternyata ASI punya manfaat yang luar biasa bagi anak dan ibunya, diantaranya :

Hemat, karena ASI diproduksi secara alami dari saripati makanan yang dimakan seorang ibu maka ASI tidak perlu membeli sehingga akan lebih menghemat, namun diutamakan si ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama sayuran, buah-buahan, ikan laut dll dan lebih penting harus HALAL. Bayangkan bila saja sebuah keluarga muda bila harus membeli susu instant paling tidak pengeluaran mereka dalam satu bulan untuk kebutuhan susu anaknya sekitar 500 ribu Rupiah. Bila dikalikan 2 tahun minimal konsumsi susu terhadap bayi maka uang yang harus dikeluarkan dengan percuma bila ada ASI adalah lebih dari 12 juta. Sementara uang itu masih bisa dipergunakan untuk yang lain, umpama untuk persiapan membangun rumah atau yang lain.

Praktis, karena tidak harus membawa kaleng susu, air panas dll kemana pun pergi. Karena dimana ada ibu disana ada susu buat si bayi. pernahkah anda bayangkan atau rasakan betapa ribetnya ketika anda harus bepergian karena harus mempersiapkan pakaian anda, pakaian bayi dan bekal susu untuk bayi anda. Sehingga dengan memberikan bayi ASI maka ini adalah cara yang paling praktis karena tidak membutuhkan banyak tempat, apalgi kalau anda harus mudik dengan kendaraan roda 2.

Jalinan kasih, hal ini sesuatu yang menjadi penting karena hubungan batin seorang ibu dan anak akan semakin dekat karena anak akan sangat bergantung dengan ibunya sampai benar-benar dewasa sehingga akan lebih mudah dipantau dan di didik. Dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi susu sapi, kemungkinan anak akan menjadi Liar dan sulit dikendalikan.

Sehat, karena diolah dan diproduksi dari seorang ibu yang sehat dan kuat sehingga susu yang dihasilkan juga akan menyehatkan anak. Anak akan menjadi kebal terhadap penyakit karena susu yang dikonsumsi tidak terkontaminasi dengan kuman atau bakteri yang banyak berkeliaran di udara bebas.
Disamping buat bayi, ternyata dengan menyusui akan menyehatkan si ibu juga, diantaranya adalah terhindar dari sebab musabab penyakit kanker rahim, kanker payudara. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari berbagai sumber kesehatan. Silahkan tanyakan dokter kandungan anda.

Bukankah ASI memberi banyak kemudahan kebaikan dan kelebihan tapi mengapa anda seorang IBU tidak mau menyusui???
Alasan ibu:
Asi tidak keluar… tidak mungkin! Berusahalah, insya Allah, Allah akan memberi kemudahan terhadap orang yang mau berusaha. Bila dalam 21 hari ASI tidak di susukan terhadap bayi maka ada kemungkinan susu yang ada didalam payudara akan kembali menggumpal sehingga tidak akan pernah keluar lagi. Resikonya adalah kanker payudara.

Capek… disinilah Allah menguji kesabaran seorang ibu, dimana dengan kesabaran itu kemulyaan yang akan engkau dapatkan.

Malas… mungkin ini lebih tepat dan tunggulah resikonya ibu…


SEKARANG! SEMUA TERSERAH PADAMU IBU… JADILAH IBU YANG BIJAK

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...